Jumat, 01 Juli 2011

Persamaan dasar akuntansi dalam Laporan Keuangan

Persamaan dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi merupakan persamaan yang menyajikan jumlah aktiva perusahaan dan tuntutan atau kewajiban terhadap aktiva tersebut, yang digambarkan dalam hubungan aktiva, hutang dan model pemilik.

Aktiva = hutang + modal

Aktiva merupakan sumber ekonomis dari suatu usaha yang diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi usaha tersebut dimasa datang

Hutang merupakan tuntutan dari pihak luar dalam bentuk kewajiban ekonomis atau hutang yang harus dibayarkan kepada pihak luar yang bertindak sebagai kreditur Modal pemilik merupakan tuntutan dari dalam yang bersala dari pemilik perusahaan karena telah menanamkan modalnya ke dalam perusahaan, yang dapat dihitung dengan mengurangkan hutang dari jumlah aktiva.

Laporan Keuangan

Sumber informasi yang digunakan dalam melakukan analisa kinerja keuangan perusahaan. Laporan keuangan dihasilkan perusahaan merupakan salah satu informasi yang dapa digunakan dalam memantau kinerja perusahaan. Ada 5 komponen yang digunakan dalam menentukan laporan keuangan suatu perusahaan, yaitu:

Neraca

Laporan laba-rugi

Laporan perubahan modal

Laporan arus kas

Pada semua laporan keuangan harus dicantumkan:

Nama perusahaan

Judul laporan

Tanggal / periode laporan

Neraca merupakan daftar seluruh aktiva, hutang dan modal pada suatu tanggal tertentu, biasanya pada saat akhir bulan atau akhir tahun

Aktiva merupakan barang (fisik) atau hak (tidak terwujud) yang mempunyai nilai uang. Pada umunya aktiva dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Aktiva lancar (current Asset)

Merupakan aktiva yang dapat dicairkan menjadi uang kas atau dijual atau dihabiskan dalam waktu kurang dari satu tahun atau sama dengan satu tahun operasi normal perusahaan. Yang termasuk aktiva lancar:

Kas

Piutang dagang

Wesel tagih

Persediaan

Sewa dibayar dimuka

Aktiva tetap (Fixed Asset/Plan asset)

Merupakan aktiva berwujud yang digunakan perusahaan yang lebih bersifat permanen atau relatif tetap, dan meliputi peralatan, mesin, kendaraan, bangunan dan tanah. Kecuali tanah, aktiva lain secara bertahap menyusut atau kehilangan manfaatnya dengan berlalunya waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar